Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam sebuah teks eksplanasi

Teman kita, Hasnimar mengirim pertanyaan baru di Blajar.web.id.

Pertanyaannya adalah: Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam sebuah teks eksplanasi

Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam teks eksplanasi

PEMBAHASAN & JAWABAN

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam sebuah teks eksplanasi di bawah ini. Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari Blajar.web.id.

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan "Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam sebuah teks eksplanasi" ini. Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di Blajar.web.id, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam sebuah teks eksplanasi, kamu telah ikut membantu Hasnimar mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.

Ada 1 TANGGAPAN untuk pertanyaan: “Bagaimana cara menyajikan nilai novel sejarah kedalam sebuah teks eksplanasi

  1. Untuk dapat menyajikan nilai novel sejarah kedalam teks eksplanasi, terlebih dahulu kamu harus memahami dengan baik apa dan bagaimana teks eksplanasi itu sendiri.

    Na, teks eksplanasi merupakan suatu teks yang membahas tentang “Mengapa” dan “Bagaimana” peristiwa terjadi. Pembahasannya berkaitan dengan suatu proses kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Intinya, teks eksplanasi membahas tentang segala hal mengenai fenomena sosial maupun alam.

    Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

    Strukturnya Terdiri dari Pernyataan Umum, Sebab Akibat, dan Interpretasi
    Teks eksplanasi pasti memiliki struktur pernyataan umum, sebab akibat, dan intrepretasi. Pernyataan umum mengenai peristiwa yang terjadi, ditopang dengan sebab akibat, dan diintrepretasikan dengan analisa mengenai peristiwa tersebut sebagai kesimpulan terakhir untuk menegaskan.

    Informasi Berdasarkan Fakta dan Data
    Penjelasan harus disertai dengan segala bentuk data-data akurat yang didapatkan. Data tersebut bisa diperoleh dari hasil penelitian wawancara, observasi, ataupun dari referensi buku-buku, berita-berita, dan sejenisnya. Data dalam teks eksplanasi ini harus bersifat fakta nyata di lapangan. Oleh karena itu, teks jenis ini selalu berkaitan dengan peristiwa nyata.

    Bersifat Objektif
    Teks ekspanasi harus bersifat objektif. Jangan hanya ala kadarnya tanpa data dan fakta. Tidak diperbolehkan hanya melakukan khayalan atau persepektif belaka. Meski didukung bukti reaitas riil.

    Membahas Mengenai Pengetahuan dan Peristiwa
    Teks ekplanasi bukan hanya sekedar teks cerita tanpa tujuan yang jelas. Bukan hanya sekedar untuk hiburan dan sejenisnya. Namun, teks jenis ini harus memberikan suatu informasi dan pengetahuan yang akan dipaparkan sesuai dengan peristiwa yang terjadi beserta proses-proses sebab akibatnya. Jangan memasukkan unsur subjektifitas pada teks jenis ini, kecuali sebagai pendapat didasarkan analisa yang tepat.

    Bersifat Informatif
    Teks eksplanasi harus bersifat memaparkan data. Menjelaskan informasi secara nya, tanpa bersifat menggurui dan mendoktrin.

    Teks eksplanasi memiliki struktur tersendiri seperti teks pada umumnya yang juga mimiliki strukturnya. Struktur yang ada dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam menjabarkan teks ini. Melalui poin-poin struktur yang ada, maka mempermudah kita karena sudah terdapat rangkaian sistematikanya.

    Adapun struktur pada teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

    Pernyataan Umum
    Pernyataan umum berkaitan dengan pernyataan suatu topik yang akan dijelaskan dengan gambaran-gambaran permasalahannya tersebut. Hal ini dibahas rentetan proses terjadinya peristiwa. Sebuah pernyataan awal untuk menuju pembahasan. Bisa dikatakan sebagai latar belakang masalah.

    Isi Berkaitan Sebab Akibat
    Isi disini berkaitan tentang pemaparan secara detail peristiwa dengan menjelaskan proses terjadinya secara tuntas. Mengaitkannya dengan sebab akibat terjadinya peristiwa tersebut. Peristiwa yang dijelaskan secara bertahap dari awal hingga akhir.

    Interpretasi
    Interpretasi berisi tentang hasil analisa dari peristiwa tersebut dengan menginterpretasikannya fenomena tersebut. Interpretasi ini juga menegaskan kesimpulan tentang topik yang telah disajikan.


    Nah, jika kamu sudah mengetahui definisi, ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi, maka dari membaca sebuah novel kamu pasti sudah bisa membuat teks eksplanasinya dengan mudah tanpa kesulitan berarti.

    Selamat mencoba ya!

    (0)

Beri Komentar atau Jawaban